Minggu, 06 November 2011

makalah TIK


                                 
Di  Ajukan Untuk Memenuhi Kebutuhan Mata Pelajaran TIK



                                                                                                                          





Di Susun Oleh :
Nama kelompok :







SMP NEGERI 1 CURUGBITUNG
Jl. Maja – Jasinga Km.12 Kec. Cururgbitung Kab. Lebak – BANTEN
KATA PENGANTAR

Bismilahirahmanirahim .
Pertama – tama marilah kita panjatkan puja syukur kehadirat Allah yang Maha Esa,  dimana atas pertolongannyalah makalah ini bisa terselesaikan oleh penulis takan lupa juga shalawat beserta salam semoga selalu tercurahkan ke pada junjunan nabi besar kita yaitu Muhamad SAW , para sahabatnya serta pengikutnya kita hingga akhir zaman .
Adapun pembentukan makalah ini yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tak lepas dari kekurangan dan kelemahan itulah yang penulis miliki oleh karena itu penulis berharap sekali kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini oleh karena itu penulis juga berharap sekali atas saran dan kritik – kritik yang bisa membantu penulis untuk perbaikan selanjutnya agar makalah yang akan datang bisa lebih baik .






Curugbitung ,30 Oktober 2011

                                                                                    Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada era globalisasi saat ini kita tidak bisa menghindar bahkan menolak kehadiran sebuah teknologi  mau tidak mau kita dituntut untuk belajar menggunakan teknologi tersebut. Sebagai contoh , dahulu kalkulator merupakan salah satu alat yang dapat di gunakan untuk menghitung, namun dengan kemunculan komputer maka proses pengolahan data akan lebih efisien dan akurat jika menggunkan komputer.
Tak ada yang bisa menghindar dari teknologi dari  mulai anak – anak sampai dengan orang tua sekarang sudah mengenal yang namanya teknologi kenapa , teknologi merupakan salah satu aspek yang sudah menjadi layanan atau bagian yang tak bisa di pisahkan dari kehidupan sehari – hari , pekerjaan dan sebagainya sekarang sudah menggunakan yang namanya teknologi.















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dalam perkembangan teknologi , ada beberapa penegertian tentang teknologi informasi yaitu :
1.      Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu alat yang membantu kita  bekerja dengan informasi  dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan  data
2.      Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer namun juga untuk mengirimnkan informasi
3.      Teknologi informasi adalah  teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasiberkecapatan tinggi yang membawa data , suara dan video.
a.       Teknologi Komputer
Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan komputer . contoh peralatan komputer yaitu , printer , pembaca sidik jari, dan bahkan SD ROOM. Komputer disebut mesin serbaguna yang dapat di kontrol oleh program yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
b.      Teknologi Informasi
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh , termasuk dalam kategori ini adalh telepon , radio dan televisi







2.2  Peralatan Telekomunikasi
1.      Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi untuk  mengirimkan  pesan / berita dari pengirim dengan menggunakan kabel sehingga penerima dapat menerima pesan / berita yang dikirimkan .
Telepon nirkabel atau HP ( Hand Phone ) merupakan alat yang di gunakan untuk berkomunikasi du arah tanpa menggunakan bantuan kabel.
2.      Faksimile
Faksimile diguanakan untuk mengirimkan sebuah berita dalam bentuk tulisan . Faksimile ini merupakan alat komunikasi yang hanya dapat mengirimkan berita dalam bentuk tulisan saja , bukan suara . jadi , tulisan di terjemahkan ke dalam bentuk gelombang yang kemudian di kirim melalui saluran kabel telepon . setelah sampai kepada penerima , gelombang tadi  di kembalikan lagi kedalam bentuk tulisan melalui alat faksimile tersebut.
3.        Radio
Radio merupakan alat komunikasi yang berguna untuk mengirimkan suara pada jarak yang jauh . radio menggunakan gelombang elektromagnetik yang di sebarkan pemancar radio. Ini adalah komponen – komponen radio :
a.       Sumber Suara
Sumber suara bisa berasal dari alat pemutar lagu dan mikrofon
b.      Pemancar
Pemancar terdiri atas Osilator yang berfungsi untuk menghasilkan gelombang sinus yang menjadi sinyal pembawa dan modulator yang berfungsi menstabilkan frekuensi dan amplitudo osilator
c.       Antena
Antena merupakan komponen terpenting dalam sebuah sistem pemancar radio . karena, antena berfungsi untuk memancarkan gelombang  radio
4.      Televisi
Televisi  merupakan alat komunikasi satu arah yang paling luas arah jangkauannya . alat komunikasi ini mampu mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal – sinyal elektronik melalui kabel dan seratoptik atau dengan menggunakan gelombang elektromagnetik

2.3  Komputer dan Internet
1.    Komputer
Komputer merupakan mesin elektronik yang dapat menyimpan data ( masukan ) serta intruksi , dan memprosesnya berdasarkan interuksi sehingga data  yang di simpan tersebut menjadi informasi yang berguna .
Berdasarkan ukuran , kecepatan , dan kemampuannya yang bervariasi komputer di kelompokan sebagai berikut :
a.              Dekstop
          Dekstop disebut PC ( Personal Computer ). Komputer yang di gunakan di rumah – rumah atau di kantor , lembaga pendidikan dan lain – lain.
b.             Mainframe
          Komputer yang memiliki ukuran yang sangat besar dan cara pengolahan data yang lebih kompleks di gunakan untuk perusahaan – perusahaan besar , bank , laboratorium dan memecahkan berbagai permasalahan – permasalahan
c.              Embedded Computer
          Komputer yang di temapatkan pada peralatan yang membutuhkan pengendalian otomatis yang berfungsi sebagai unit kontrol.
d.             Dedicated Computer
          Komputer yang dirancang tertentu seperti untuk video game.
2.      Internet
Internet berasal dari kata Interconnection networking yang berarti hubungan berbagai komputer  dengan berbagai tipe  yang membnetuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia melalui jalur telekomunikasi.
Manfaat internet yaitu :
a.       Informasi yang di dapat lebih cepat dan murah
b.      Sebagai media promosi
c.       Sistem belajar jarak jauh
d.      Sebagai alat telekomunikasi interaktif

2.4  Komponen Sistem Teknologi Informasi
1.      Perangkat Keras ( Hardware )
Perangakt keras merupakan seluruh peralatan fisik komputer ( dapat dilihat dan diraba ). Yang di gunakan untuk melaksanakan berbagai fungsi sistem pemrosesan data . contoh perangkat Monitor,CPU, Keyboard, Mouse, speaker , printer dan scaner.
2.      Perangkat Keras ( Software )
Perangkat lunak atau program adalah intruksi yang menunjukan langkah demi langkah yang mengarahkan kompurter untuk melaksanakan pekerjaan – pekerjaan yang di harapkan oleh pembuat program tersebut ( Pemogram )
a.Fungsi perangkat lunak
-          Mengelola sumber daya  komputer di dalam organisasi
-          Mengembangkan sarana – sarana yang dapat di gunakan oleh manusia dalam memanfaatkan sumber – sumber daya komputer tersebut.
-          Bertindak sebagai perantara anatara informasi yang telah di proses dengan organisasi yang bersangkutan
b.        Perangkat lunak di kategorikan menjadi 2 jenis yaitu :
-          Perangkat lunak sistem
Seperangkat program intruksi yang berfungsi untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan penggunaan perangkat keras serta mendukung pelaksanaan perangkat lunak aplikasi
-          Perangkat lunak aplikasi
Program – program yang di tulis untuk atau oleh pemakai agar mereka dapat melaksanakan tugas atau pekerjaan mereka
3.      Perangkat Insani (Brainware )
Brainware adalah manusia dan ilmu pengetahuannya, yaitu mereka yang bekerja dan berhubungan secara langsung dengan instalasi komputer.
a.              Sistem Aanalis
          Sistem analis adalah mereka yang mempelajari , mengarahkan , dan mendesaign suatu proyek  aplikasi
b.             Application Programmer
          Programmer adalah mereka yang melakukan pekerjaan programming
c.              Operator
          Opertaor adalah mereka yang mengoprasiakn komputer yang bertugas sebagai :
-       Menghidupakan komputer
-       Mengaktifkan program menurut penjadwalan  dari sistem analis
-       Mempersiapkan media input dan out put , seperti disket , magnetic tape , kertas bersambung dll.
-       Mematikan komputer




BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Jadi dapat kita simpulkan bahwa yang namanya teknologi perkembangannya sangat pesat dan pengaruhnya sangat besar bagi manusia di dunia ,  tak ada yang luput dari teknologi . dari mulai perusahaan – perusahaan , pemerintahan , lembaga pendidikan dll. Itu menggunakan sistem yang namanya sistem teknologi internet .
Komputer yang dulu hanya di pergunakan oleh orang – orang tertentu / orang petinggi sekarang bisadi nikmati dimana saja kapan saja kita mau menggunakannya , dan yang harus di garis bawahi adalah teknologi komputer dan internet itu sekarang  tidak dapat di pisahkan kenapa .?, karena teknologi internet sudah mnjadi darah dalam era globalisasi

3.2    Saran
Pergunaklah waktu mu dengan sebaik – baiknya , serta gunakanlah manfaat atau fungsi dari teknologi perkembangan zaman ini sesuai dengan aturannya jangan sampai salah jalan atau jangan sampai menyalahgunakan teknologi untuk melakukan hal – hal yang negatif dan merugikan orang lain karena di dalam teknologi informasi kita bisa mendapatkan segalannya dari yang positif sampai dengan yang negatif

1 komentar: